logo Kompas.id
EkonomiTantangan UMKM di Pasar...
Iklan

Tantangan UMKM di Pasar Daring, Raih dan Jaga Kepercayaan Konsumen

Transformasi tidak berarti hanya masuk ke pasar digital, tetapi meraih dan menjaga kepercayaan konsumen daring. Situasi ini dihadapi oleh para pelaku UMKM yang tengah bertransformasi ke ranah digital.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CDszqgjVS0GmORhaIoc_fpZZ9iY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2F20200105_ENGLISH-TEMATIK-TAHUN-BARU_B_web_1578235350.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Aktivitas produksi kerajinan untuk pasar ekspor di CV Tashinda Putraprima di Kecamatan Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (22/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Kemampuan bertahan pada masa pandemi Covid-19, termasuk melalui transformasi digital, dibutuhkan untuk menjamin keberlanjutan usaha mikro, kecil, dan menengah. Namun, transformasi tidak berarti hanya masuk ke pasar digital, tetapi meraih dan menjaga kepercayaan konsumen daring.

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mesti didukung agar mampu membangun kepercayaan konsumen di pasar digital. Kepercayaan akan didapat apabila produk atau jasa yang dijual bermutu dengan harga kompetitif.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000