logo Kompas.id
EkonomiKisah Es Krim
Iklan

Kisah Es Krim

Masa pandemi justru menimbulkan gairah untuk berinovasi. Hal ini terjadi pada industri es krim.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Q3hAmaxDRPWHGAEJTv-q_HdZVXo=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2Fb48275d7-ef96-4f42-8648-965f3223aec5_jpg.jpg
KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Penjual es krim keroncong, Ali (46), mengambilkan es krim untuk pembeli, Kamis (8/10/2020), di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Industri es krim di Indonesia sepertinya berjalan normal meski pasti ada kompetisi antarpemain. Kemudian, muncul produk dengan harga murah dua tahun lalu. Sebuah produk es krim muncul saat Asian Games 2018 dan mengguncang pasar. Semua berubah drastis!

Kini, kita bisa menemui es krim di berbagai tempat dengan harga yang sangat murah. Ukurannya bervariasi. Rasanya juga bermacam-macam dan bahan yang digunakan juga kadang tak lazim, melampaui pikiran kita. Sesungguhnya, guncangan dan inovasi di pasar es krim bermunculan sejak lama, bahkan sejak kelahiran es krim sekitar seratus tahun lalu.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000