logo Kompas.id
EkonomiMenanti Konsolidasi Perusahaan Pembiayaan UMKM Milik Negara

Menanti Konsolidasi Perusahaan Pembiayaan UMKM Milik Negara

Sinergi antara BRI, Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani kembali mencuat pekan ini. BRI menyebut, aksi korporasi itu bertujuan untuk mengembangkan bisnis BRI pada lini UMKM.

Oleh Dimas Waraditya Nugraha
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Pekerja membuat dandang di Cawang, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019). Pemerintah akan menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 7 persen menjadi 6 persen pada 2020. Penurunan ini merespons pelonggaran kebijakan moneter Bank Indonesia sekaligus untuk memacu pertumbuhan UMKM. Penurunan suku bunga KUR diharapkan dapat meningkatkan kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA, KOMPAS — Rencana akuisisi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terhadap dua perusahaan pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM pelat merah menjadi perbincangan seusai laporan kinerja BRI triwulan III-2020. Jika akuisisi ini terlaksana, aset BRI secara konsolidasi bisa semakin besar dan perusahaan dapat mengekspansi pembiayaan UMKM mereka.

Rencana tersebut sebenarnya mengemuka sejak awal tahun. Saat itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan akan melakukan sinergi antara BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM. Hal ini dilakukan lantaran ketiga perusahaan BUMN tersebut sama-sama diamanahkan Kementerian BUMN untuk menyalurkan pembiayaan ke segmen UMKM terutama mikro.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..