Promosi di Akhir Tahun untuk Menarik Masyarakat Berbelanja
Selama pandemi Covid-19, penggunaan dompet digital, termasuk Dana, meningkat.
Oleh
KARINA ISNA IRAWAN
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Transaksi pembayaran menggunakan platform digital meningkat pada masa pandemi Covid-19. Puncak peningkatan transaksi diperkirakan terjadi pada akhir tahun ini karena berbagai tawaran diskon dan promosi.
CEO dan Co-Founder Dana, Vince Iswara, menuturkan, transaksi pembayaran menggunakan platform Dana meningkat lebih dari 50 persen selama pandemi Covid-19 atau dalam enam bulan terakhir. Rata-rata terjadi 3 juta transaksi pembayaran per hari dengan pengguna aktif sekitar 45 juta orang.
Pertumbuhan tidak hanya terjadi pada transaksi harian. Pengguna aktif Dana juga meningkat, dari sekitar 40 juta pada triwulan II-2020 menjadi lebih dari 45 juta pengguna aktif pada triwulan III-2020. Selain itu, mitra bisnis yang mayoritas ritel pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga berkembang, dari sekitar 130.000 pedagang menjadi 250.000 pedagang.
”Kesadaran masyarakat menggunakan platform digital untuk transaksi pembayaran semakin meningkat. Ditambah peran pemerintah yang memang sangat menunjang akses transaksi digital ini,” kata Vince dalam telekonferensi pers kinerja Dana Indonesia, Senin (9/11/2020).
Berdasarkan data Bank Indonesia, per Agustus 2020, terjadi 386.709.282 transaksi senilai Rp 17,23 triliun. Angka ini meningkat dibandingkan dengan Desember 2019 yang sebanyak 515.195.069 transaksi dengan senilai Rp 16,97 triliun.
Kesadaran masyarakat menggunakan platform digital untuk transaksi pembayaran semakin meningkat.
Per Agustus 2020, sebanyak 376.142.547 unit uang elektronik beredar di Indonesia. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan akhir 2019 yang sebanyak 292.299.320 unit (Kompas, 30/10/2020).
Vince mengatakan, transaksi akan tumbuh signifikan pada akhir 2020 karena ada berbagai acara untuk meningkatkan minat belanja, salah satunya Dana 11.11. Pengguna dana akan mendapat berbagai promo menarik selama sepekan, memanfaatkan momentum 11.11 atau tanggal 11 November.
”Peningkatan transaksi diperkirakan 50-200 persen lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya,” katanya.
Dana Indonesia kembali menggelar Dana 11.11 yang akan memberi berbagai promosi, berlangsung pada 9-11 November 2020, untuk pembelian paket promosi dan 9-15 November 2020 untuk periode penukaran promosi.
Head of Marketing Dana Lim Kusuma menuturkan, fokus penyelenggaraan Dana 11.11 tahun ini adalah membantu perekonomian Indonesia. Melalui kegiatan Dana 11.11, pembelian produk ke UMKM diharapkan dapat meningkat sehingga dapat membantu pengusaha kecil bangkit dari krisis.
”Dana 11.11 untuk membantu mitra bisnis sekaligus memberi apresiasi kepada pelanggan dalam rangka bersama-sama memulihkan ekonomi dari pandemi,” kata Lim.
Dana Indonesia juga bekerja sama dengan lebih dari 1.900 mitra daring untuk menyediakan promosi. Mitra tersebut terdiri dari pelaku jasa keuangan, perusahaan teknologi, e-dagang, logistik, transportasi, telekomunikasi, dan lembaga filantropi digital.