logo Kompas.id
EkonomiMedia Sosial Ubah Teknik...
Iklan

Media Sosial Ubah Teknik Pemasaran, Pendekatan Humanis Jadi Strategi

Teknik pemasaran masa kini berorientasi ke pendekatan humanis. Konsumen tidak lagi dipandang sebagai obyek pemasaran pasif, tetapi kini dilibatkan secara aktif.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/8m_XU2Kz6OznhMFI-DFIUW3HPkE=/1024x696/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_7738281_99_1.jpeg
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Perempuan tenaga pemasaran mempunyai tugas mempromosikan produk dan menjual produk ke konsumen atau khalayak ramai. Kegiatan itu yang dikerjakan Indah (21), mahasiswi di daerah Ancol, yang bekerja sebagai perempuan tenaga pemasaran (sales promotion girl/SPG) di salah satu stan yang terletak di Arena Gambir Expo, Jakarta Fair Kemayoran 2014, Minggu (22/6/2014) malam.

JAKARTA, KOMPAS — Teknik pemasaran bergeser dari yang semula menempatkan konsumen sebagai pihak pasif menjadi aktif. Ini tampak dari maraknya pemasaran berbasis pengalaman pelanggan (customer experience/CX). Pendekatan humanis dinilai sesuai dengan perkembangan zaman dan karakter konsumen masa kini.

Founder and Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya, mengatakan, perkembangan teknologi dan munculnya media sosial mengubah strategi pemasaran yang selama ini ada. Dulu, pemasaran bersifat satu arah dan bisa dilakukan lewat media konvensional. Kini, pelaku usaha juga perlu beradaptasi ke media digital.

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000