logo Kompas.id
EkonomiPenurunan Tarif Listrik Dorong Daya Beli

Penurunan Tarif Listrik Dorong Daya Beli

Kebijakan penurunan tarif listrik tegangan rendah dinilai akan menggerakkan dunia usaha dan daya beli masyarakat. Dari sisi usaha, PHK diharapkan bisa ditekan.

Oleh BM Lukita Grahadyarini
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Para nelayan menyortir ikan ke dalam keranjang yang akan dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Kota Tegal, Jateng, Senin (23/9/2019). Menurut Data Produksi Perikanan TPI Pelabuhan Kota Tegal, produksi ikan terus menurun dalam kurun lima tahun terakhir. Produksi ikan pada tahun 2015 sekitar 20.600 ton, adapun hasil produksi ikan pada Januari -Agustus 2019 sebanyak 6.500 ton.

JAKARTA, KOMPAS — Kebijakan penurunan tarif listrik tegangan rendah pada Oktober-Desember 2020 diharapkan bisa menekan biaya produksi perikanan di tengah pelemahan daya beli masyarakat. Harga jual produk diharapkan bisa ditekan dan lebih terjangkau konsumen.

Pemerintah menurunkan tarif listrik tegangan rendah bagi tujuh golongan pelanggan nonsubsidi, termasuk pelanggan rumah tangga. Penurunan tarif tersebut berlaku pada Oktober-Desember 2020 (Kompas, 2/9/2020).

Editor: dewi indriastuti
Bagikan
Memuat data..