logo Kompas.id
EkonomiMendorong Usaha Mikro Naik...
Iklan

Mendorong Usaha Mikro Naik Kelas

Untuk bisa naik kelas, pelaku usaha mikro yang mendominasi struktur UMKM harus berkolaborasi. Salah satunya bisa dilakukan dengan menjadi anggota koperasi agar biaya produksi lebih efisien dan lebih berdaya saing.

Oleh
SHARON PATRICIA/ERIKA KURNIA
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/R5ssqHYbTs5guX1XydphW1aqJQw=/1024x629/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2F20200724WEN5_1595567920.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Inovasi perajin batik dengan membuat masker bertema merah putih untuk mengikuti tren di Kedungmundu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/7/2020). Selain berinovasi produk, mereka juga harus gencar dalam memasarkan secara daring atau melalui jaringan pertemanan.

JAKARTA, KOMPAS — Pelaku usaha mikro yang mendominasi struktur unit usaha dalam keseluruhan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM harus didorong untuk meningkatkan daya saing. Bergabung dengan komunitas atau koperasi dinilai dapat membantu pelaku usaha mikro bertahan, bahkan naik kelas di tengah pandemi Covid-19.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) pada 2018 mencatat, dari total 64,19 juta unit UMKM, sebanyak 63,36 juta unit (98,68 persen) merupakan usaha mikro. Sementara usaha kecil ada 783.132 unit (1,22 persen) dan usaha menengah 60.702 unit (0,09 persen).

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000