logo Kompas.id
EkonomiMengenali Perubahan Kebutuhan ...
Iklan

Mengenali Perubahan Kebutuhan Konsumen Jadi Kunci Bertahan di Masa Pandemi

Sektor makanan dan minuman dinilai memiliki potensi dan peluang untuk tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Strategi pun perlu disusun untuk mempertahankan usaha dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/w6tnfwapRWtz1fNkJGP9RIHDsw0=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F31c76a54-3b66-48a5-a9f9-174db3c086e4_jpg.jpg
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Ibu rumah tangga menata produk makanan berbasis cokelat yang dibuat di UKM Griya Cokelat, Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Selasa (12/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Meski kinerja sektor makanan dan minuman melemah akibat pandemi Covid-19, bisnis pelaku usaha tetap bisa bertahan, bahkan tumbuh, sepanjang pelaku usaha mampu mengenali perubahan perilaku dan kebutuhan konsumen pada masa pandemi. Salah satunya, tren pembelian makanan  dan minuman secara dalam jaringan (daring).

Badan Pusat Statistik mencatat, pertumbuhan industri makanan dan minuman melambat dari 3,94 persen pada triwulan I-2020 menjadi 0,22 persen pada triwulan II-2020. Meski melambat dibandingkan tahun lalu, angka tersebut lebih tinggi dari laju pertumbuhan industri nonmigas secara keseluruhan yang terkontraksi 5,74 persen.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000