Butuh Solusi dan Inovasi untuk Digitalisasi UMKM
Digitalisasi dinilai menjadi kunci bagi UMKM untuk bertahan di tengah pandemi. Namun, jumlah pelaku usaha yang ”go online” relatif kecil. Butuh inovasi untuk mendigitalkan UMKM.

Peserta pameran menunggu pengunjung dalam pameran Indocraft 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Pameran menghadirkan berbagai produk batik dan kerajinan dari UMKM.
JAKARTA, KOMPAS — Digitalisasi menjadi kunci agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah mampu bertahan serta berkembang di tengah pandemi Covid-19. Namun, sejauh ini jumlah pelaku usaha yang telah masuk ke ekosistem digital masih relatif kecil. Solusi dan inovasi dibutuhkan untuk digitalisasi UMKM.
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Arif Rahman Hakim, Senin (10/8/2020), mengatakan, UMKM yang terbukti dapat bertahan dan bahkan tumbuh adalah mereka yang dapat membaca peluang serta menyesuaikan bisnisnya. Salah satunya dengan masuk ke ekosistem digital atau ”go digital”.