logo Kompas.id
EkonomiStandardisasi dan Sertifikasi ...
Iklan

Standardisasi dan Sertifikasi UKM Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Sertifkasi dan standarisasi produk diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga turut menaikkan penjualan produk yang kini dijajakan di lapak digital.

Oleh
SHARON PATRICIA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/F-jdB3-OJ1I4uCP37ew_4Vew9QY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2FIMG_5428_1592992404.jpg
KOMPAS/MELATI MEWANGI

Tampilan layar salah satu platform dagang daring yang menjual produk UMKM. Sejumlah masyarakat memilih belanja daring untuk menghindari interaksi dan bertemu dengan orang lain.

Promosi produk yang kini dipajang dalam etalase virtual tentu mengurangi pengalaman konsumen dalam menyentuh, memegang, bahkan mencicipi produk yang ditawarkan. Pembeli hanya bisa melihat foto dan membaca deskripsi serta ulasan produk dari layar kaca.

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual, standardisasi dan sertifikasi menjadi penting dimiliki pelaku usaha. Pemenuhan kewajiban sertifikasi pun dinilai dapat meningkatkan penjualan tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga membuka peluang ekspor.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000