logo Kompas.id
EkonomiKehadiran Tekfin Mendorong...
Iklan

Kehadiran Tekfin Mendorong Pengembangan ”Open Banking”

Dari sekitar 400 juta orang dewasa di Asia Tenggara, baru 104 juta jiwa masuk kategori ”bankable” atau dapat mengakses pembiayaan. Teknologi bisa memudahkan hubungan nasabah dan bank.

Oleh
Dimas Waraditya Nugraha
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1ql7c3i_dSlfHNSPMbvgon4pFkw=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2F2_1595423244.png
TANGKAPAN LAYAR WEBINAR OPEN BANKING IN INDONESIA AND SINGAPORE: COLLABORATION FOR INNOVATION AND COLLABORATION

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Erwin Haryono dalam webinar bertajuk ”Open Banking in Indonesia and Singapore: Collaboration for Innovation and Collaboration” yang berlangsung Rabu (22/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Nasabah perbankan konvensional beralih ke layanan digital untuk merespons pembatasan sosial berskala besar. Mengakomodasi fenomena global ini, kerangka open banking diperlukan dalam mempercepat transformasi digital perbankan.

Open banking merupakan istilah yang merujuk pada sistem penyedia jaringan data lembaga keuangan melalui penggunaan aplikasi pemrograman antarmuka (application programming interface/API). Sistem ini memudahkan nasabah terhubung dengan bank untuk proses transaksi finansial dan nonfinansial.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000