logo Kompas.id
EkonomiDigitalisasi UMKM Mendorong...
Iklan

Digitalisasi UMKM Mendorong Daya Saing

Digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah menjadi salah satu cara bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar lebih luas. Pelaku UMKM perlu fokus pada peningkatan daya saing.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/dB4SapIgGP4rqSFwhie5SbUsIpc=/1024x638/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F1623af82-63a7-4c37-9821-a9528e250c5e_jpg.jpg
Kompas/Bahana Patria Gupta

Pekerja menyiapkan bahan kue di Rumah Nastar Surabaya di Kampung Ketandan, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/6/2020). Pemilik usaha Diah Arfianti mengaku lebih kreatif untuk mempromosikan produk kuenya terkait banyaknya UMKM yang mengeluh terdampak oleh pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Usaha mikro, kecil, dan menengah kian tumbuh dengan memanfaatkan pasar digital. Digitalisasi diharapkan mendorong UMKM semakin berdaya saing dan menggerakkan perekonomian nasional selepas pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM mencapai 64,19 juta unit. Namun, sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, baru 13 persen pelaku UMKM yang berdagang di pasar digital.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000