logo Kompas.id
EkonomiManfaatkan Deglobalisasi untuk Memperbaiki Ketimpangan

Manfaatkan Deglobalisasi untuk Memperbaiki Ketimpangan

Globalisasi membaurkan batas-batas negara. Kondisi pandemi Covid-19 mendorong deglobalisasi. Hal ini bisa mengurangi ketimpangan di dunia.

Oleh M Paschalia Judith J
· 1 menit baca

Tekanan pandemi Covid-19 pada perekonomian menciptakan deglobalisasi yang membuat setiap negara melindungi pasar domestiknya. Situasi ini bisa dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbaiki ketimpangan di dalam negeri.

Gagasan tersebut tertuang dalam buku berjudul Pandemi Corona: Virus Deglobalisasi, Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional yang diterbitkan Institute for Development of Economics and Finance (Indef). Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia hadir dalam peluncuran buku tersebut.

Menurut Bahlil, deglobalisasi ditandai dengan proteksionisme yang meningkat di setiap negara pada saat ini. ”Masing-masing negara cenderung menjaga pasar domestiknya. Hal ini merupakan strategi penguatan ekonomi dari dalam negeri. Perekonomian lokal menjadi andalan,” katanya saat menghadiri peluncuran buku, Senin (13/7/2020).

Editor: dewi indriastuti
Bagikan
Memuat data..