logo Kompas.id
EkonomiCEO Juga Manusia
Iklan

CEO Juga Manusia

Di tengah situasi pandemi yang mengepung kita, menyapa karyawan menjadi langkah penting dan berharga. CEO bisa mengajak karyawan berbincang dan mendengarkan masalah mereka.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GgMj9TCSQzyHFIgkPh0cBZNNsUg=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2FMINNEAPOLIS-POLICEPROTESTS-WASHINGTON_89789903_1591869725.jpg
REUTERS / ERIN SCOTT

Pengunjuk rasa bertepuk tangan selama demonstrasi menentang ketimpangan rasial setelah kematian George Floyd, di Lincoln Memorial, Washington, AS, 10 Juni 2020.

Penulis buku kepemimpinan bisnis, Simon Sinek, dalam wawancara dengan media daring Inc terkait respons pimpinan korporasi terhadap isu Black Lives Matter di Amerika Serikat mengatakan, isu rasial tidak harus dihadapi dengan keputusan bisnis yang rumit. Menjadi pendengar yang baik bisa menyelesaikan masalah. Mendengarkan yang selama ini tak pernah keluar dari mulut rekan-rekannya yang berkulit hitam. Kisah ini relevan dengan pandemi yang dalam waktu bersamaan tengah terjadi.

Pandemi menyebabkan krisis di dunia bisnis. Langkah pertama para CEO atau pimpinan perusahaan tentu harus menyelamatkan bisnis. Akan tetapi, krisis saat ini juga menimbulkan ketakutan, kecemasan, bahkan trauma di kalangan karyawan perusahaan. Konsumen juga mengalami masalah yang sama. Mereka mungkin bingung, panik, dan cemas. Bagaimana mereka harus bertindak ketika karyawan dan konsumen atau mitra bisnis juga panik?

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000