logo Kompas.id
EkonomiPemda Dapat Suntikan Dana untuk Pemulihan Ekonomi

Pemda Dapat Suntikan Dana untuk Pemulihan Ekonomi

Pemerintah pusat akan menyuntikkan dana tambahan ke pemerintah daerah senilai Rp 9 triliun melalui berbagai skema, seperti pinjaman untuk pemerintah daerah, hibah pariwisata, dan cadangan dana alokasi khusus.

Oleh KARINA ISNA IRAWAN
· 1 menit baca

JAKARTA, KOMPAS — Suntikan dana program pemulihan ekonomi nasional ke kementerian/lembaga dan pemerintah daerah bertambah Rp 9 triliun menjadi Rp 106,11 triliun. Tambahan dana tersebut untuk menggerakkan roda ekonomi di daerah-daerah yang terkena dampak Covid-19.

Berdasarkan perhitungan Kementerian Keuangan terbaru, biaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) diperkirakan mencapai Rp 607,65 triliun atau meningkat Rp 18 triliun dari proyeksi sebelumnya. Kenaikan anggaran PEN untuk penjaminan kredit modal kerja industri padat karya, pinjaman pemerintah daerah, dan pemberian hibah untuk pariwisata daerah.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti, yang dihubungi, Rabu (17/6/2020), mengatakan, tambahan anggaran PEN untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi secara bertahap. Anggaran disalurkan langsung kepada pemda melalui berbagai skema.

Editor: dewiindriastuti
Bagikan
Memuat data..