logo Kompas.id
EkonomiMenang atas Krisis
Iklan

Menang atas Krisis

Setiap krisis selalu memunculkan organisasi baru. Apakah pandemi kali ini memunculkan desain baru organisasi bisnis? Pelajaran dari krisis sebelumnya, perusahaan mesti proaktif agar bisa keluar dan jadi pemenang.

Oleh
Andreas Maryoto
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/PJ1GeN-N6SFKtKvztr4rV56MQIw=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F06a88c76-5e2c-4fb6-a075-fbc9a9f42ec1_jpg.jpg
Kompas/Heru Sri Kumoro

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (8/6/2020). Penyemprotan ini merupakan salah satu protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 saat masa transisi menuju tatanan kehidupan normal baru.

Setiap krisis selalu memunculkan organisasi baru. Krisis ekonomi dan politik tahun 1998 di Indonesia telah melahirkan Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan independensi Bank Indonesia. Krisis yang menimpa Amerika Serikat akibat serangan 11 September 2001 menelurkan Department of Homeland Security. Bagaimana pandemi kali ini memunculkan desain baru organisasi bisnis?

Saat ini semua pemimpin bisnis dan ahli tengah menunggu ujung pandemi. Beberapa telah membuat perubahan, tetapi ada yang memilih menunggu pandemi berakhir. Meski demikian, mereka melihat beberapa kenyataan, seperti bekerja dari rumah ternyata efektif untuk sejumlah fungsi kerja, beberapa biaya bisa dihemat, seperti biaya perjalanan dan operasional. Akan tetapi, di sisi lain biaya higienitas melonjak karena kebutuhan hidup sehat dan bersih.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000