logo Kompas.id
EkonomiAda Pasar Baru Selama Pandemi ...
Iklan

Ada Pasar Baru Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 memukul hampir semua sektor ekonomi dan perdagangan. Namun, UMKM justru punya peluang bertahan dan berkembang. Salah satunya dengan mengoptimalkan laman pemasaran.

Oleh
ARIS PRASETYO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3MMxqDSGaUmY2cIB5eDEHq3wRy0=/1024x769/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2F20200414WEN6_1586840607.jpg
Kompas

Mayoritas perajin yang merupakan penyandang difabel tuna rungu dan daksa menjadi bagian dari produksi Batik Anindya di Kedungmundu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/4/2020). Setelah berhenti beberapa pekan, mereka bekerja kembali dengan memproduksi masker batik yang saat ini menjadi kebutuhan konsumen.

JAKARTA, KOMPAS — Kendati pandemi Covid-19 melumpuhkan sebagian besar aktivitas ekonomi dan perdagangan, ada sejumlah peluang dan pasar baru bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Salah satu strateginya adalah memanfaatkan penjualan di laman pemasaran. Di beberapa jenis produk UMKM justru mengalami peningkatan penjualan selama masa pandemi.

Menurut CEO Blibli Kusumo Martanto, dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19, peningkatan penjualan produk melalui laman pemasaran Blibli.com mencapai sekitar 50 persen. Namun, untuk sektor tertentu, khususnya produk-produk yang dijual UMKM, ada peningkatan penjualan 2-6 kali lipat dibandingkan dengan saat kondisi normal. Hal itu mencerminkan bahwa masih ada peluang baru di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000