logo Kompas.id
EkonomiBI: Kebutuhan Uang Tunai Idul Fitri Tahun Ini Berkurang

BI: Kebutuhan Uang Tunai Idul Fitri Tahun Ini Berkurang

Jumlah uang tunai yang dipersiapkan BI untuk periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini turun 17,7 persen menjadi Rp 157,96 triliun. Tahun lalu, BI menyediakan Rp 192 triliun.

Oleh Dimas Waraditya Nugraha
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Warga menunjukkan uang bantuan sosial (bansos) tunai yang ia cairkan di Kantor Pos Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020). Bansos tunai bagi warga terdampak Covid-19 tersebut akan disalurkan kepada 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai bantuan Rp 600.000 per KPM per bulan.

JAKARTA, KOMPAS — Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai jelang Idul Fitri tahun ini turun dibandingkan tahun sebelumnya. Meski menurun, BI tetap menyediakan uang tunai yang didominasi pecahan besar.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim, Kamis (30/4/2020), mengatakan, kebutuhan penukaran uang tunai masyarakat akan menurun pada Lebaran tahun ini. Penurunan itu disebabkan berkurangnya hari libur nasional, ada yang tidak memberikan tunjangan hari raya (THR), dan imbauan pemerintah agar tidak mudik.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..