logo Kompas.id
EkonomiTidak Ada Harga Mati...

Tidak Ada Harga Mati...

Aturan ini yang buat kita, bisa kita ubah lagi. Aturan yang ada mari kita sama-sama patuhi, manakala nanti di jalan ada kekeliruan atau kekurangan, yuk kita sempurnakan. Tidak ada harga mati.

Oleh BM Lukita Grahadyarini
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pekerja borongan mengeluarkan ikan hasil tangkapan dari lambung kapal di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Penjaringan, Jakarta, Selasa (21/1/2020). Penggunaan cantrang diusulkan untuk dibuka kembali bagi kapal-kapal nelayan yang akan beroperasi di zona ekonomi eksklusif Laut Natuna Utara. Namun, usulan itu bertentangan dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016 yang melarang pemakaian cantrang.

Pro-kontra revisi peraturan di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan akan segera menemukan ujungnya. Dalam waktu dekat, pemerintah memastikan untuk menerbitkan sejumlah aturan hasil revisi yang dinilai akan mendorong dunia usaha. Namun, pemerintah menjanjikan tidak ada harga mati dari aturan itu.

”Peraturan-peraturan menteri terdahulu yang memberatkan dan menyulitkan (pelaku usaha) sudah kami evaluasi dan revisi. Satu langkah lagi, tinggal kami sampaikan (aturan baru) kepada Presiden. Tinggal tunggu waktunya, maka peraturan-peraturan baru yang tujuannya memihak akan segera kami terbitkan,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, pekan ini.

Editor: Hendriyo Widi
Bagikan
Memuat data..