logo Kompas.id
EkonomiMenentukan Lokasi ”Feeling...
Iklan

Menentukan Lokasi ”Feeling Good” di Media Sosial

Pengaruh media sosial menjadi referensi masyarakat untuk berwisata. Tidak sedikit pengalaman warga mengunjungi suatu lokasi menarik menjadi viral dan diikuti, seperti fenomena ”feeling good” di Ranu Manduro.

Oleh
ERIKA KURNIA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/csoptbPUPcB-BJyIdTPaoVLLyts=/1024x1077/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2FAF4E5982-AA21-524D-DF8A3B51162DCE80_1583489133.jpg
Kompas

Ilustrasi Wisata

Baru-baru ini, sebuah lokasi area bekas lahan pertambangan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, diserbu ribuan warga. Lokasi itu disebut Ranu Manduro.

Ranu Manduro, yang berlatar Gunung Penanggungan, adalah lahan seluas puluhan hektar dengan tebing-tebing rendah, kini ditumbuhi rerumputan hijau. Tak pelak, lokasi itu dianggap mirip padang rumput di Selandia Baru. Sayangnya, tempat itu tidak disiapkan sebagai lokasi wisata.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000