logo Kompas.id
EkonomiOptimalkan Redam Impor

Optimalkan Redam Impor

Penggunaan bahan bakar nabati berbasis sawit dinilai dapat menghemat devisa impor bahan bakar minyak. Program itu juga berpotensi mengurangi emisi dan menahan kejatuhan harga minyak sawit mentah internasional pada pasokan berlebih.

Oleh
C ANTO SAPTOWALYONO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Suasana diskusi sembari sarapan pagi (breakfast meeting) yang digelar di Jakarta, Selasa (20/8/2019). Diskusi bertema ”Mencari Terobosan Kebijakan untuk Mendongkrak Harga CPO Internasional dalam Rangka Memperkuat Neraca Perdagangan Nasional Melalui Hilirisasi Industri Kelapa Sawit dan Penggunaan Bahan Bakar Nabati”.

JAKARTA, KOMPAS — Penggunaan bahan bakar nabati berbasis sawit dinilai dapat menghemat devisa impor bahan bakar minyak. Program itu juga berpotensi mengurangi emisi dan menahan kejatuhan harga minyak sawit mentah internasional pada pasokan berlebih.

Kementerian Perindustrian sudah menyusun peta jalan pengembangan industri mesin yang terintegrasi dengan kebijakan nasional bahan bakar nabati atau biofuel. Industri yang memproduksi mesin berbasis bahan bakar nabati akan mendapatkan insentif.

Editor:
Bagikan