Pada triwulan I-2019, sekitar 70 persen dari 53,3 juta orang total pelanggan Indosat Ooredoo adalah pengguna layanan data. Rata-rata nilai belanja paket layanan data mereka per bulan Rp 50.000.
Oleh
MEDIANA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Pada triwulan I-2019, sekitar 70 persen dari 53,3 juta orang total pelanggan Indosat Ooredoo adalah pengguna layanan data. Rata-rata nilai belanja paket layanan data mereka per bulan Rp 50.000.
Rata-rata nilai belanja paket layanan data meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu sekitar Rp 40.000 per bulan.
Senior Vice President Branding Management and Strategy Indosat Ooredoo, Fahroni Arifin, di sela-sela peluncuran inovasi ”Mobile Data Plan”, Rabu (3/7/2019) sore, di Cikini, Jakarta, mengatakan, komposisi pelanggan yang berbelanja paket data eceran dan bulanan hampir seimbang. Belanja paket data secara eceran berarti pelanggan isi ulang paket data harian. Indosat Ooredoo memiliki program paket data Yellow yang diperuntukkan bagi pelanggan dengan karakteristik seperti itu.
Harga paket data program Yellow mulai dari Rp 2.500 dengan kuota akses data 1 gigabyte. Masa berlaku yang ditawarkan mulai dari 1 hari, 3 hari, dan 10 hari.
Untuk bulanan, Indosat Ooredoo juga mempunyai program paket data khusus. Pelanggan yang suka isi ulang bulanan biasanya memilih program Unlimited.
Pelanggan yang suka membeli paket data eceran biasanya adalah anak muda, pelajar, dan warga yang baru pertama kali memakai ponsel pintar. Sementara pelanggan yang biasa membeli paket secara bulanan berlatar belakang kelompok pekerja.
”Nilai belanja paket data akan meningkat seiring kami memperluas jangkauan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi 4G LTE,” katanya.
Pada triwulan I-2018, lalu lintas akses data seluler di jaringan Indosat Ooredoo mencapai 368.232 terabyte. Pada periode yang sama tahun 2019, lalu lintas akses data seluler meningkat menjadi 622.876 terabyte.
Mobile Data Plan merupakan fitur yang ditanamkan dalam sistem operasi Android yang memungkinkan pelanggan IM3 Indosat Ooredoo mengelola penggunaan kuota internet, informasi saldo kuota, dan beli paket data. Fitur ini hasil kerja sama dengan Google.
Pembelian paket melalui fitur Mobile Data Plan memakai pulsa bagi pelanggan prabayar, sedangkan pelanggan pascabayar akan ditagihkan pada tagihan bulanan mereka.
Fitur Mobile Data Plan melengkapi saluran pembelian paket data yang sudah ada sebelumnya, seperti melalui aplikasi myIM3, agen, dan gerai ritel.
Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo Turina Farouk mengatakan, sampai triwulan I-2019, layanan seluler Indosat Ooredoo telah menjangkau sekitar 81 persen populasi di Indonesia. Sampai akhir tahun 2019, perusahaan menargetkan jangkauan layanan naik menjadi lebih dari 87 persen. Target ini akan dicapai melalui penambahan pemancar baru berteknologi akses 4G LTE sampai 18.000 unit.