JAKARTA, KOMPAS — PT Bank Muamalat Indonesia Tbk merilis pengembangan jaringan bisnisnya ke Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/12/2018). Selain mengadakan customer gathering, bank syariah ini juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang.
Bank Muamalat menggelar customer gathering di Semarang pada Kamis (6/12/2018). Kegiatan ini dalam rangka kampanye gerakan #AyoHijrah dan memperluas jaringan bisnis di kota ini.
Selain itu, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman dengan Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang terkait pengelolaan keuangan juga dengan Badan Amil Zakat Nasional mengenai solusi Masjid Muamalat.
Chief Executive Officer Bank Muamalat Achmad K Permana mengatakan, Semarang punya posisi yang strategis karena merupakan penghubung bagi daerah berbasis Islam yang ada di sekitarnya. Ditambah lagi, Semarang punya potensi besar dalam hal penghimpunan dana.
”Semarang merupakan hub untuk kota-kota santri seperti Pati, Rembang, Jepara, dan Kudus. Kami juga melihat prospek bisnis yang besar dari bisnis haji dan umrah di daerah pesisir utara Pulau Jawa dengan Semarang sebagai pusatnya,” kata Perdana.
Jawa Tengah menduduki peringkat ketiga sebagai daerah dengan kuota haji reguler terbanyak tahun 2018, sebanyak 30.225 orang. Pada tahun ini kuota haji Indonesia ditetapkan 221.000 orang, terdiri dari kuota haji reguler 204.000orang dan kuota haji khusus 17.000 orang.
Terkait dengan upaya untuk memakmurkan masjid, bulan Oktober lalu Bank Muamalat menggelar pelatihan manajemen masjid yang melibatkan 334 masjid di Semarang. Bank Muamalat juga memfasilitasi keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi marbut masjid dengan membayarkan preminya selama satu tahun penuh.
Bersamaan dengan pelatihan ini, Bank Muamalat juga menginisiasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat guna memberikan payung hukum kepada masjid dalam pengumpulan zakat. Program ini telah mendapatkan penghargaan sebagai The Best Indonesia’s Corporate Social Inisiative Award 2018 kategori Social Marketing & CRM dari Majalah MIX Marcomm pada Agustus 2018. (SITA NURAZMI MAKHRUFAH)