logo Kompas.id
EkonomiGas dan Energi Terbarukan Kian Dominan

Gas dan Energi Terbarukan Kian Dominan

Oleh
ARIS PRASETYO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Tahun baru 2018 telah melahirkan harapan baru bagi keberlanjutan masa depan ketahanan energi Indonesia. Hal itu salah satunya ditandai dengan akan beroperasinya pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) pertama di Indonesia, yang berlokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap (Sidenreng Rappang), Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. PLTB Sidrap berkapasitas 75 MW tersebut menurut rencana diresmikan pada pengujung Januari nanti. Dari 30 kincir angin raksasa, saat ini telah dirampungkan 22 unit.

JAKARTA, KOMPAS — BP mencatat bahwa penggunaan energi primer global tumbuh 2,2 persen pada tahun 2017. Penggunaan gas alam meningkat hingga 96 miliar meter kubik yang diikuti dengan penggunaan energi terbarukan sebesar 17 persen atau 69 miliar juta ton setara minyak. Kedua jenis energi tersebut kian berperan penting di masa mendatang.

Menurut Spencer Dale, Group Chief Economist BP Global, pertumbuhan konsumsi energi sepanjang 2017 adalah yang tertinggi selama 10 tahun terakhir yang rata-rata per tahunnya 1,7 persen. Gas alam menjadi sumber peningkatan terbesar. Hal itu ditandai dengan beralihnya pemanfaatan batubara di China ke gas.

Editor:
Bagikan