JAKARTA, KOMPAS — AXA General Insurance Indonesia meluncurkan laman AXA myPage untuk memudahkan setiap individu mengakses solusi asuransi dan sebagai platform bagi agen asuransi untuk menjual produk secara daring, Kamis (30/8/2018), di KantorKuu Co-working Space, Gedung Argo Plaza, Jakarta.
Director Chief HR and Legal Officer AXA General Insurance Rudy Manik mengatakan, peluncuran laman tersebut agar individu dapat membeli asuransi AXA dengan mudah sesuai kebutuhannya. Selain itu, ini dapat mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya kebutuhan asuransi dalam kehidupan.
”Selama ini, banyak orang kesulitan mengakses layanan asuransi secara konvensional. Kami memanfaatkan perkembangan digital menghadirkan laman tersebut. Individu dapat mengakses asuransi layaknya membeli pulsa,” kata Rudy.
Chief Operations Officer AXA General Insurance Indonesia Edwin Sugianto menjelaskan, laman AXA myPage ada karena riset yang dilakukan kepada pelanggan dan keinginan agen asuransi agar layanan dapat dengan mudah diakses sehingga penetrasi kepada masyarakat lebih berkembang. AXA myPage dirancang seperti tampilan media sosial untuk memudahkan akses dan cara penggunaan.
”Pelanggan dan partner kerja (agen) memberi masukan untuk adanya transformasi digital dalam layanan asuransi AXA. Saat ini, AXA myPage melayani produk asuransi perjalanan domestik, asuransi kendaraan, dan asuransi kesehatan. Sistem kerjanya mencakup tiga pilar AXA myPage, yaitu pelanggan, agen, dan partner bisnis. Pelanggan mengakses laman untuk memilih produk asuransi yang sesuai kebutuhannya, agen menawarkan produk asuransi pada laman, dan partner bisnis DOKU mengontrol sistem transaksi,” ucap Edwin.
Vice President Merchant Business DOKU Dody Wijaya mengatakan, potensi pasar dan efektivitas platform digital membuat DOKU mendukung AXA myPage dari aspek transaksi. DOKU sebagai platform pembayaran secara daring menjamin keamanan data melalui kecerdasan buatan yang mengontrol transaksi asuransi.
”DOKU sebagai layanan pembayaran secara elektronik menjamin keamanan data pelanggan dan agen dalam transaksi di AXA myPage,” ucap Dody.
Saat ini belum ada target penjualan asuransi. AXA myPage dibuat untuk kepentingan pelanggan dan agen serta mendukung prospek bisnis AXA ke depan. AXA akan terus mengembangkan layanan dan menghadirkan produk baru. Terdapat lebih kurang 960 agen yang akan menggunakan laman tersebut dan AXA akan menjajaki kemungkinan bergabungnya broker atau pialang asuransi serta masuk ke korporasi untuk mengakses laman myPage. (FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY)