logo Kompas.id
EkonomiMenyelamatkan Rupiah

Menyelamatkan Rupiah

Gerakan menyelamatkan lira terjadi hanya sepekan setelah mata uang Turki itu terus melemah terhadap dollar AS hingga 724 lira per dollar AS Gerakan itu tak hanya dilakukan pemerintah tetapi juga pelaku bisnis menengah dan besar Turki Mereka menjual simpanan dollar AS ke bank dan penukaran mata

Oleh HENDRIYO WIDI ISMANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PRIYOMBODO

Gambar mata uang dollar AS menghiasi gerai penukaran valuta asing di Jalan H Agus Salim, Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018). Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah pada Rabu (15/8) sebesar Rp 14.621 per dollar AS.

Gerakan menyelamatkan lira terjadi hanya sepekan setelah mata uang Turki itu terus melemah terhadap dollar AS, hingga 7,24 lira per dollar AS. Gerakan itu tak hanya dilakukan pemerintah, tetapi juga pelaku bisnis menengah dan besar Turki. Mereka menjual simpanan dollar AS ke bank dan penukaran mata uang asing, sebagai respons atas permintaan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memperkuat lira. Para importir Turki berkomitmen mengurangi atau menunda impor yang belum terlalu dibutuhkan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Pada saat rupiah melemah semakin dalam, impor minyak dan gas bumi (migas), bahan baku, barang modal, dan barang konsumsi justru meningkat tajam. Nilai tukar rupiah terlemah tahun ini pada Rp 14.625 per dollar AS berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate pada 14 Agustus 2018.

Editor:
Bagikan
Memuat data..