logo Kompas.id
EkonomiWirausahaSecangkir Kopi Toleransi

Secangkir Kopi Toleransi

&nbsp Bagi sebagian orang kopi hanya minuman Kenyataannya kopi berperan jauh lebih besar dari yang dibayangkan Di Dampit Kabupaten Malang kopi menjadi perekat hubungan sosial Kabut mulai menipis saat orang berlalu lalang di jalanan Desa Srimulyo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang Jaw

Oleh Dahlia Irawati/Siwi Yunita Cahyaningrum
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Para petani melakukan arisan tenaga di perkebunan kopi rakyat di Desa Srimulyo, Dampit, Malang, Jawa Timur, Selasa (9/1/2018).Arisan tenaga merupakan bentuk gotong royong petani untuk mengolah kebun kopi. Kawasan ini merupakan penghasil utama kopi robusta di Malang.

Bagi sebagian orang, kopi hanya minuman. Kenyataannya, kopi berperan jauh lebih besar dari yang dibayangkan. Di Dampit, Kabupaten Malang, kopi menjadi perekat hubungan sosial.

Kabut mulai menipis saat orang berlalu lalang di jalanan Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, akhir Mei lalu. Sekitar pukul 07.00, warga mulai keluar rumah untuk beraktivitas. Anak-anak berangkat sekolah, petani menuju ke kebun dengan bekal sabit, cangkul, serta pemburu membawa anjing untuk berburu ke hutan.

Editor:
Bagikan
Memuat data..