JAKARTA, KOMPAS — Tokopedia sebagai perusahaan platform e-dagang asal Indonesia menjalin kerja sama dengan Kredivo. Kerja sama dijalin untuk memberikan tambahan alternatif pembayaran konsumen.
PT FinAccel Teknologi Indonesia atau Kredivo adalah perusahaan teknologi finansial di bidang kartu kredit digital di Indonesia.
”Penggunaan kartu kredit digital sebagai alternatif pembayaran bagi konsumen. Program ini mendukung inklusi keuangan bagi generasi milenial,” kata Co-Founder dan CEO Kredivo Akshay Garg dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/4/2018).
Menurut COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, kerja sama tersebut membangun sistem keuangan digital yang lebih memudahkan dalam transaksi e-dagang.
Ekosistem e-dagang Indonesia dinilai terhambat karena penetrasi kartu kredit yang masih rendah. Garg menyatakan, Indonesia memiliki 80 juta pemilik akun bank, tetapi hanya sekitar 7 juta orang yang memiliki kartu kredit.
Target pasar dari Kredivo adalah menjangkau anak muda Indonesia yang tinggal di beberapa kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Palembang. Mereka harus berusia di atas 18 tahun dan memiliki gaji minimal Rp 3 juta per bulan.
”Mereka adalah pasar besar. Tetapi, mereka kerap ditolak ketika mengajukan kartu kredit di bank karena tidak memenuhi persyaratan,” ujar Garg.