logo Kompas.id
EkonomiRelevansi Zaman
Iklan

Relevansi Zaman

Oleh
· 3 menit baca
https://kompas.id/wp-content/uploads/2018/02/513475_getattachment2242e34a-8931-440b-8a4b-d53d72dccafe504858.gif
Kompas

Pekan lalu PT Astra International Tbk mengumumkan berinvestasi di Go-Jek. Mereka menggelontorkan dana sekitar Rp 2 triliun pada perusahaan rintisan berbasis teknologi itu. Langkah Astra ini sangat boleh jadi merupakan upaya perusahaan mapan itu membangun relevansi di tengah arus digital. Banyak perusahaan mapan dan sukses pada masa lalu sulit menemukan relevansi pada saat ini. Mereka bingung menentukan arah di tengah tsunami digital yang setiap waktu menggerus model bisnis lama.

Perubahan demi perubahan terjadi karena penggunaan teknologi digital yang telah menghasilkan berbagai model bisnis. Intinya, mereka menumbangkan model bisnis lama dan memasuki model bisnis yang sangat baru. Perusahaan-perusahaan mapan sulit bersaing dengan usaha-usaha rintisan yang bermunculan belakangan. Tidak sedikit perusahaan mapan tumbang karena model bisnisnya tidak lagi relevan dengan zaman.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000