logo Kompas.id
EkonomiMenyelamatkan Harga

Menyelamatkan Harga

Kerap kita mendengar harga bahan bakar minyak di wilayah pelosok jauh dari perkotaan atau berkilo-kilometer dari agen penyalur resmi berlipat-lipat lebih mahal daripada harga ketetapan pemerintah Untuk premium dan solar bersubsidi pemerintah menetapkan harga masing-masing Rp 6450 per liter d

· 1 menit baca
Memuat data...
didie sw

Kerap kita mendengar harga bahan bakar minyak di wilayah pelosok, jauh dari perkotaan, atau berkilo-kilometer dari agen penyalur resmi berlipat-lipat lebih mahal daripada harga ketetapan pemerintah. Untuk premium dan solar bersubsidi, pemerintah menetapkan harga masing-masing Rp 6.450 per liter dan Rp 5.150 per liter. Kenyataannya, di wilayah itu, harga melambung Rp 10.000 per liter sampai Rp 50.000 per liter.

Meroketnya harga bahan bakar minyak (BBM) paling banyak terjadi di bagian timur Indonesia, seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Kondisi geografis berupa kepulauan dan medan bergunung, sungai, atau rimba menyebabkan akses pendistribusian sulit. Moda transportasi yang dipakai untuk mengirim BBM ke wilayah-wilayah itu beragam, seperti pesawat udara, kapal, dan truk.

Editor:
Bagikan
Memuat data..