Libur Tahun Baru, Lalu Lintas 4G LTE XL Axiata Melonjak 300 Persen
Oleh
Andreas Maryoto
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Lalu lintas layanan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan tajam dibanding hari biasa dan pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan lalu lintas data terlihat terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.
Selama 5 hari tersebut, lalu lintas data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20 persen. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan lalu lintas data mencapai 160 persen pada 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300 persen pada tanggal yang sama.
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya menyebutkan, tren kenaikan lalu lintas akses video melalui layanan Youtube pada libur Natal berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata.
Menurut dia, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang 2017, di mana XL Axiata secara masif memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di sejumlah daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa.
Yessie mengatakan, ”Selain akses ke layanan data dan video streaming serta social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanan 4G LTE di sejumlah daerah.”
Ia juga mengatakan, hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film jadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati”.
Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.
Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15 persen, di mana di puncak malam Tahun Baru kenaikannya mencapai sekitar 60 persen. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70 persen, bahkan pada malam Tahun Baru naik sampai dengan 1.000 persen dibandingkan malam biasanya.
Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, percakapan, berbagi video pengaliran langsung (live streaming), bahkan juga melakukan belanja.
Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video berdasar permintaan (VOD), antara lain iflix.
Terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29 persen dan 21 persen. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5 persen, Makassar 4 persen, Palembang 21 persen, Pontianak 22 persen, dan Lampung 22 persen. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24 persen, Yogyakarta 27 persen, Bandung 13 persen.
XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan teknologi jaringan canggih yang akan bisa mengalihkan kepadatan trafik di suatu tempat ke tempat lain yang lebih longgar.
Semua aktivitas jaringan XL Axiata akan bisa terpantau melalui suatu monitoring center yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain. Melalui pemantauan ini, petugas jaringan XL Axiata bisa langsung mendeteksi jika terjadi suatu kepadatan di suatu lokasi atau bahkan juga suatu permasalahan. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut bisa segera dilakukan.
Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata populer, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Selain itu, juga menyasar lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan.
XL Axiata juga menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata populer.
Mengingat masa liburan kali ini yang cukup panjang, diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas dari Jabodetabek ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.