Eksplorasi Budaya Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif
Produk budaya Indonesia dapat dikreasikan menjadi produk kontemporer bernilai ekonomi. Namun, dasar dan pakem budaya itu tetap mesti diperhatikan.
Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Indonesia memiliki beragam budaya yang jika dieksplorasi dan dimanfaatkan dapat bernilai ekonomi. Itu sebabnya, memfasilitasi para pegiat seni budaya untuk mengembangkan diri menjadi penting.
Menurut perancang busana Didiet Maulana, kreasi produk budaya penting agar budaya dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Membuat budaya relevan dengan zaman dinilai sebagai salah satu cara untuk mempertahankan budaya. Namun, kreasi produk budaya mesti berpegang pada makna dan pakem, tidak boleh sembarangan.
Wastra, misalnya, dapat dikreasikan menjadi beragam produk kontemporer. Namun, ia menyarankan agar yang dikreasikan adalah wastra dengan motif dekoratif, bukan wastra dengan motif sakral.
”Melibatkan ahli budaya dalam pengolahan wastra akan menambah nilai produk budaya kontemporer tersebut,” kata Didiet saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (13/2/2022). ”Saya rasa ada marka-marka yang harus digawangi agar penggunaan wastra bisa menaikkan nilai produk akhir, bukan menggerus arti dan maknanya,” tambah pendiri jenama Ikat Indonesia by Didiet Maulana tersebut.
Pelaku UMKM sekaligus pemilik jenama etnik Gianti, Lala Gozali, mengatakan, peluang untuk mengkreasikan wastra menjadi produk mode sangat besar. Kreativitas menjadi modal mengolah wastra.
”Misalnya, saya membuat pakaian dengan konsep kolase. Saya menggabungkan lurik dengan batik atau sisa kain tenun. Bisa juga dengan menggabungkan lurik bermotif polos dengan yang berwarna cerah,” kata Lala.
Sementara itu, menurut CEO PT Toba Tenun Sejahtra Kerri Na Basaria, kreasi wastra perlu disertai dengan program pendampingan dan edukasi bagi perajinnya. Petenun Tobatenun, misalnya, diberi edukasi tentang material dan teknik agar bisa membuat kain tenun berkualitas.
Mereka juga diharapkan bisa mengkreasikan motif tenun baru. Adapun Tobatenun merupakan organisasi dan komunitas budaya yang fokus pada tekstil tenun.
”Bagi kami, perajin adalah mitra utama. Itu sebabnya, kami berkomitmen memperjuangkan sistem perdagangan yang adil bagi mereka. Mengubah rantai distribusi dan model bisnis sehingga setiap perajin dapat tumbuh,” ujarnya melalui keterangan tertulis.
Butuh dukungan
Menurut Didiet, para perajin wastra membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Dukungan itu bisa berupa pelatihan dan pengarahan agar perajin bisa bertahan, semangat, dan dapat memperoleh akses untuk penyerapan produk. Bantuan berupa akses pinjaman modal juga dibutuhkan.
”Saya dan Dekranasda Lampung melakukan pembinaan selama pandemi melalui modul pelatihan, dari membuat brand, cara promosi digital, peningkatan mutu produk, dan sebagainya. Dukungan ini bisa diadaptasi ke daerah-daerah lain. Pemberian materi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing,” ucap Didiet.
Sebelumnya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid mengatakan, sektor kreatif Indonesia berpotensi maju. Pada 2019, ekonomi kreatif berkontribusi besar untuk produk domestik bruto (PDB), yakni 5,1 persen. Ada tiga sektor unggulan dalam industri kreatif, yakni mode, makanan dan minuman, serta kerajinan.
Fokus Kemendikbudristek kini mendorong dan memfasilitasi agar industri kreatif terkait erat dengan pembangunan berkelanjutan, misalnya melalui pemanfaatan bahan dan kearifan tradisional yang ramah lingkungan.
”Fokus Kemendikbudristek kini mendorong dan memfasilitasi agar industri kreatif terkait erat dengan pembangunan berkelanjutan, misalnya melalui pemanfaatan bahan dan kearifan tradisional yang ramah lingkungan,” ujar Hilmar.
Adapun Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mencatat bahwa sektor budaya dan kreatif menyumbang 3,1 persen PDB global. Sektor itu juga menyerap 6,2 persen tenaga kerja global.