logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊKeringat Guru Ciptakan Beragam...

Keringat Guru Ciptakan Beragam Konten Pembelajaran Digital demi Siswa

Pendampingan perlu terus dilakukan bagi para guru di daerah yang selama ini masih relatif rendah literasinya dalam teknologi dan informatika.

Oleh
IRMA TAMBUNAN
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/yLNaktrn2bUFHphGMiUiQBuc-Mo=/1024x515/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2022%2F01%2F7a6e4ae3-0b10-4697-aaf8-fcaaffadf949_jpg.jpg
KOMPAS/IRMA TAMBUNAN

Dedi Hendriyanto, guru SMPN 21 Batanghari, Jambi memproduksi sejumlah konten pembelajaran digital selama masa pandemi. Salah satu hasil karyanya lewat aplikasi Smart Application Creator (SAC).

Beragam cara dilakukan guru untuk membuat konten pembelajarannya menarik bagi siswa, mulai dari lembaran paparan, buku cerita, hingga aplikasi pelajaran interaktif serba digital. Meskipun berada di wilayah pelosok daerah, saluran kreativitas tak lekang oleh keadaan.

Dedi Hendriyanto, guru SMPN 21, Batanghari, Jambi, kini lebih banyak berkutat di depan laptopnya. Berbagai ide berseliweran di tengah proses produksi aplikasi buatan sendiri yang dimulai sejak September 2021. Setelah berhasil diluncurkan, aplikasi bernama Smart Application Creator (SAC) itu menjadi pilihan menarik metode pembelajaran bahasa Inggris bagi para siswanya di SMPN 21 Batanghari.

Editor:
Aufrida Wismi
Bagikan