logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanBanyak Sekolah di Kupang Tidak Kooperatif dalam Program Surveilans Covid-19

Banyak Sekolah di Kupang Tidak Kooperatif dalam Program Surveilans Covid-19

Sejumlah sekolah di Kota Kupang dinilai tidak kooperatif jalankan program surveilans Covid-19. Kedisiplinan mengenakan masker dan menjaga jarak masih jadi catatan. Perlu intervensi pemerintah daerah ke sekolah.

Oleh
FRANSISKUS PATI HERIN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN

Suasana pembelajaran kelas I Sekolah Dasar Bertingkat Negeri Naikoten, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, dimulai pada Senin (20/9/2021). Protokol Covid-19 diterapkan secara ketat.

KUPANG, KOMPAS — Program surveilans untuk pengendalian Covid-19 di sejumlah sekolah di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Masih ada sekolah dan guru dinilai tidak kooperatif dalam program itu. Akibatnya, proses tes Covid-19 dan penelusuran kontak terhambat. Pemerintah daerah diharapkan ikut mengintervensi agar program itu berjalan dengan baik.

Demikian isi laporan Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT yang diperoleh Kompas pada Jumat (19/11/2021). Selama periode 21 Oktober hingga 15 November, tim dari laboratorium melakukan surveilans ke sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Kupang. Saat itu, mulai diberlakukan pembelajaran tatap muka.

Editor:
aufrida wismi
Bagikan