logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanKetimpangan Pembangunan Manusia Masih Terjadi

Ketimpangan Pembangunan Manusia Masih Terjadi

Pembangunan manusia antarwilayah di Indonesia belum merata. Hal itu mengakibatkan terjadi kesenjangan mutu manusia. Oleh karena itu, penanganan ketimpangan pembangunan tersebut mesti dipercepat.

Oleh
M Zaid Wahyudi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Petugas medis Puskesmas Sawa Erma, Tuti Handayani, menimbang seorang ibu dalam pemeriksaan anak dan ibu hamil di Distrik Sawa Erma, Kabupaten Asmat, Papua, Senin (15/1/2018). Kegiatan bulanan itu untuk memantau perkembangan kesehatan ibu dan kondisi gizi anak.

JAKARTA, KOMPAS — Meski Indeks Pembangunan Manusia Indonesia meningkat di semua provinsi pada tahun kedua pandemi Covid-19, ketimpangan kualitas manusia masih terjadi. Provinsi maupun kabupaten/kota dengan indeks lebih rendah itu perlu penanganan segera agar tidak makin tertinggal dari daerah lain dan terwujudnya keadilan dan pemerataan pembangunan.

Kesenjangan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) antarwilayah pasti akan memengaruhi capaian IPM secara keseluruhan. Sepanjang provinsi atau kabupaten/kota dengan nilai IPM rendah tidak didorong untuk mempercepat peningkatan kualitas manusia melalui sejumlah indikator yang diukur dalam IPM, maka capaian daerah lain yang tinggi jadi kurang bermakna.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan