logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMemulihkan Pembelajaran yang...
Iklan

Memulihkan Pembelajaran yang Tertinggal Selama Pandemi

Situasi pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan kemampuan dan hasil belajar siswa. Karena itu, strategi literasi dengan target yang jelas harus dikembangkan untuk segera diterapkan di semua sekolah dasar di Indonesia.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 8 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/b7QjmvXJosZ3QZeTnJIV7EtLZ9k=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F08%2Fa9bca05c-2ae3-4a10-81b2-461975e5df59_jpg.jpg
Kompas/Totok Wijayanto

Seorang siswi sekolah dasar mengikuti pembelajaran jarak jauh daring dari rumahnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (3/8/2021). Sudah baiknya infrastruktur telekomunikasi menyebabkan sistem pengajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan lancar.

Pandemi Covid-19 dinilai berdampak buruk pada kemajuan belajar siswa di tahun-tahun berikutnya.  Kehilangan kemajuan belajar siswa setara dengan 5-6 bulan setelah 12 bulan belajar dari rumah dalam hal kemampuan literasi dan numerasi sebelum dan selama pandemi.

Kondisi lebih parah bisa terjadi karena keberagaman dari daerah dan kondisi sosial ekonomi siswa. Siswa dengan latar belakang sosial ekonomi rendah, yang sulit mengakses pembelajaran secara daring karena tidak ada gawai, kuota, jaringan internet, hingga listrik, serta anak-anak berkebutuhan khusus, perlu menjadi perhatian khusus dalam upaya memulihkan pembelajaran sebagai dampak pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000