logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanAnak Yatim Piatu Membutuhkan Dukungan Sosial

Anak Yatim Piatu Membutuhkan Dukungan Sosial

Pemerintah sejauh ini masih fokus pada penanganan masyarakat yang sakit atau meninggal akibat Covid-19. Keluarga yang ditinggalkan, khususnya anak-anak, sangat membutuhkan pendampingan.

Oleh Ahmad Arif/Sonya Hellen Sinombor/Aditya Putra Perdana
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Seorang anak menghadiri pemakaman anggota keluarganya di Tempat Pemakaman Umum Jombang, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (26/6/2021). Anak-anak menjadi kelompok yang rentan tertular Covid-19. Puluhan ribu anak kehilangan orangtua yang meninggal akibat Covid-19 selama masa pandemi ini.

Kehilangan orangtua, ayah dan ibu sekaligus, secara mendadak dalam rentang waktu yang pendek, menghadirkan dampak besar psikososial yang besar bagi anak-anak, terutama bagi mereka yang masih membutuhkan pendampingan untuk masa tumbuh kembangnya. Dalam jangka panjang, anak-anak membutuhkan waktu untuk memulihkan trauma akibat ditinggal orangtuanya.

Pentingnya dukungan sosial kepada keluarga korban Covid-19 disampaikan Margaretha Ega Woda (45), warga Kelurahan Kambajwa, Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur. Saat ini dia menjadi wali dari dua ponakannya, Varel (19) dan Vanya (12), setelah kakak kandungnya meninggal karena Covid-19. Pada 20 Mei 2021, ibu kedua anak tersebut, Maria Luna Woda, meninggal karena Covid-19. Tepat dua bulan kemudian, 20 Juli 2021, suami Maria juga meninggal karena bunuh diri.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..