logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanAnak Muda Turut Berperan Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Anak Muda Turut Berperan Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Anak muda perlu berperan dalam mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Ini bisa dilakukan dengan, misalnya, hidup sehat tidak merokok dan bersikap inklusif.

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Sukarelawan membentangkan tulisan yang berarti ”tidak mau rokok” di atas perahu atau kelotok yang melintas di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Jumat (19/1/2018) sore. Kegiatan kampanye antirokok yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kota Banjarmasin itu bertujuan untuk menyosialisasikan bahaya rokok dan mencegah masyarakat, terutama remaja, menjadi perokok.

JAKARTA, KOMPAS — Anak muda diajak untuk peduli dan berperan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Sebab, keberhasilan mewujudkan kehidupan yang sejahtera, sehat, dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan juga akan dinikmati anak muda sebagai generasi penerus bangsa.

Dalam webinar Kongres Pelajar Indonesia 2021 bertajuk ”Mempercepat Pencapaian SDGs Melalui Edutech” yang dilaksanakan Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS-UI) dengan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Sabtu (21/8/2021), dibahas peran anak muda untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs. Contoh peran penting anak muda dalam pencapaian SDGs adalah kepedulian mengendalikan konsumsi rokok di kalangan anak dan remaja yang meningkat serta hidup inklusif dengan melawan sikap diskriminatif sehingga dapat melawan radikalisme/ ekstremisme.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan