logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanAplikasi Cek Bansos untuk Benahi Data Penerima Bantuan

Aplikasi Cek Bansos untuk Benahi Data Penerima Bantuan

Penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat miskin hingga kini masih menghadapi persoalan, terutama data penerima. Pembaruan data menjadi penting agar bansos tepat sasaran.

Oleh Sonya Hellen Sinombor
· 1 menit baca
Memuat data...
TANGGAPAN LAYAR DI MEDIA SOSIAL

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam acara ”Sosialisasi Virtual Aplikasi Cek Bansos” yang digelar secara virtual pada Selasa (17/8/2021) petang.

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Sosial kini menerapkan sistem pengawasan data penerima bantuan sosial melalui fitur ”usul” dan ”sanggah” yang dioperasikan melalui aplikasi Cek Bansos. Penggunaan sistem itu diharapkan bisa menyelesaikan masalah yang muncul selama ini dalam penyaluran bantuan sosial, terkait data penerima bantuan sosial.

Kehadiran fitur usul dan sanggah pada aplikasi Cek Bansos diharapkan menjadi terobosan dalam mengatasi masalah data. Dengan fitur ini, persoalan pendataan bisa diperbaiki sehingga data orang yang berhak mendapatkan bantuan, tetapi tidak mendapat (exclusion error); atau orang yang tidak berhak, tetapi mendapatkan bantuan (inclusion error) bisa diatasi.

Editor: evyrachmawati
Bagikan
Memuat data..