logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMembantu Siswa Bertumbuh dengan Growth Mindset

Membantu Siswa Bertumbuh dengan Growth Mindset

Siswa yang memiliki mindset bertumbuh akan memiliki motivasi  untuk menguasai tugas atau tantangan, memiliki keyakinan diri untuk mencapai sesuatu, punya tujuan belajar, dan menghargai nilai-nilai sekolah.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Anak-anak jalanan siswa Sekolah Master di Depok, Jawa Barat mengikuti kegiatan yang diasuh Seto Mulyadi (akrab dipanggil Kak Seto) selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) untuk memberikan motivasi melalui permainan, lagu, dongeng dan sulap, Senin (18/5/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak marjinal agar tetap semangat dan gembira belajar saat pandemi Covid-19.

Indonesia senantiasa bertahan di posisi bawah sejak mengikuti tes Programme for International Student Assesment atau PISA untuk menguji performa akademik siswa berusia 15 tahun di  bidang sains, matematika, dan literasi pada tahun 2001. Skor hanya naik sedikit atau bahkan turun.

Pada PISA tahun 2018, hasilnya juga belum menggembirakan. Pada April 2021, penyelenggara tes PISA Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mulai melihat pencapaian performa akademik siswa di suatu negara dengan faktor lain.

Editor:
Bagikan