logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPelibatan Asosiasi Profesi Perkuat Ekosistem Film

Pelibatan Asosiasi Profesi Perkuat Ekosistem Film

Pengembangan ekosistem film bergantung pada peran asosiasi profesi film. Hal itu karena asosiasi menjadi wadah untuk mengembangkan SDM sekaligus menyuarakan aspirasi.

Oleh SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RYAN RINALDY

Kru dari rumah produksi Buttonijo saat proses pengambilan gambar film 22 Menit di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 April 2018. Kawasan Sarinah ditutup untuk pengendara sepeda motor dan mobil sejak pukul 06.00 hingga pukul 16.30.

JAKARTA, KOMPAS — Ekosistem film perlu dibenahi dari hulu hingga hilir. Hal itu bisa dimulai dengan memperkuat peran asosiasi profesi perfilman yang mencakup, antara lain, mengembangkan sumber daya manusia perfilman dan menghubungkan industri dengan institusi pendidikan.

Ketua Persatuan Karyawan Film dan Televisi (KFT) Gunawan Paggaru mengatakan, asosiasi profesi menjadi wadah pekerja film untuk mengembangkan diri dan mengasah profesionalisme. Asosiasi juga berperan strategis untuk menjembatani sistem pendidikan dengan kebutuhan industri film. Ini bertujuan agar lulusan perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan (SMK) perfilman dapat langsung bekerja.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..