logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanGerakan Filantropi Butuh Manajemen dan Koordinasi yang Baik

Gerakan Filantropi Butuh Manajemen dan Koordinasi yang Baik

Gerakan filantropi perlu dikoordinasikan dengan baik agar bantuan yang diberikan bisa lebih optimal. Gerakan ini bisa menjadi solusi di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang membutuhkan kecepatan penanganan.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Bentuk pemberian donasi makanan dari warga perumahan di Malang kepada tetangganya yang melakukan isolasi mandiri karena Covid-19. Foto diambil pada Selasa (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Gerakan filantropi berperan penting dalam menangani lonjakan kasus Covid-19 yang membutuhkan solusi cepat. Koordinasi dan manajemen yang baik pun diperlukan agar pendistribusian bantuan kemanusiaan dari gerakan filantropi bisa lebih optimal.

Ketua Pelaksana Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Laksono Trisnantoro menyampaikan, lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia membutuhkan solusi yang cepat. Misalnya, terkait pengadaan sarana dan prasarana kesehatan, obat-obatan, ataupun oksigen. Namun, pemenuhan kebutuhan itu tidak mudah diatasi dengan sistem keuangan pemerintah formal, sementara mobilisasi dana dan barang harus cepat.

Editor: Adhitya Ramadhan
Bagikan
Memuat data..