logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanMemperkuat Nalar Kritis dengan Semangat Merdeka Belajar

Memperkuat Nalar Kritis dengan Semangat Merdeka Belajar

Pendidikan yang memerdekakan atau yang kini dinamakan Merdeka Belajar harus memberi mahasiswa atau warga di institusi pendidikan ruang luas untuk mengungkapkan pandangan secara bebas.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP

Demonstran mahasiswa memrotes dengan membawa poster-poster yang menyerukan pembebasan pemimpin sipil Myanmar Aung San Suu Kyi yang ditahan pada aksi menentang kudeta militer di Yangon, Myanmar, Minggu (14/2/2021).

Transformasi pendidikan lewat Merdeka Belajar dicanangkan dengan tujuan menghasilkan para pelajar dengan Profil Pelajar Pancasila. Karakter dari Pelajar Pancasila yang didambakan yakni  beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global,  bernalar kritis, mandiri, bergotong royong, dan kreatif.

Di perguruan tinggi, program Merdeka Belajar bertujuan untuk menghasilkan pelajar Pancasila yang siap memasuki kehidupan nyata, baik terjun ke bidang profesional maupun wirausaha yang dikembangkan dengan Kampus Merdeka. Berbagai kegiatan kuliah lintas program studi hingga kegiatan di luar kampus dihadirkan untuk membuat  mahasiswa memenuhi kompetensi dunia kerja, yaitu terampil, berkarakter, dan bernalar kritis.

Editor:
Bagikan