logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanTahun 2021, Indonesia Kembali Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Tahun 2021, Indonesia Kembali Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia pada tahun 2021. Penanganan pandemi yang baik akan memberikan dampak baik pada pengelolaan ekonomi. Konsekuensinya, sikap kedermawanan warga terjaga.

Oleh MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pengunjung dibatasi maksimal 15 orang dalam sekali waktu untuk menyantap hidangan di dalam Rumah Makan Gratis Bunda Ermi di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (26/8/2020). Rumah makan tersebut memberi makan siang gratis sebanyak 150 porsi untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Di tengah berbagai kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Charities Aid Foundation atau CAF kembali menempatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia pada tahun 2021. Kedermawan ini bisa menjadi modal besar bagi Indonesia untuk segera bangkit dan membangun kehidupan dalam kenormalan baru pascapandemi.

Laporan Indeks Kedermawanan Dunia atau World Giving Index (WGI) 2021 yang dipublikasikan CAF pada Senin (14/6/2021) mengukuhkan Indonesia sebagai negara paling dermawan. Dalam WGI tahun ini, skor Indonesia mencapai 69 persen, naik signifikan dari skor 59 persen pada WGI tahunan terakhir, yaitu tahun 2018. Saat itu, Indonesia juga menjadi negara paling dermawan di dunia.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..