logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanJalan Panjang Perguruan Tinggi Indonesia Menggapai Reputasi Internasional

Jalan Panjang Perguruan Tinggi Indonesia Menggapai Reputasi Internasional

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam jajaran 500 universitas top dunia. Pemeringkatan itu menggambarkan reputasi perguruan tinggi dalam mutu layanan pendidikan.

Oleh ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Universitas Gadjah Mada mencapai peringkat ke-254 dunia berdasarkan QS World University Rankings 2022 yang diumumkan Rabu (9/6/2021), waktu Indonesia. Terlihat di foto mahasiswa Universitas Gadjah Mada membentuk formasi lambang Perserikatan Bangsa-Bangsa menggunakan caping yang mereka kenakan dalam acara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Palapa UGM di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Sabtu (6/8). Kegiatan pengenalan lingkungan kampus tersebut berlangsung selama sepekan dan diikuti 8.745 mahasiswa baru.

Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia menjadi capaian bergengsi bagi intitusi pendidikan dan negara. Pencapaian ranking perguruan tinggi masuk dalam top dunia yang diukur dengan berbagai indikator berdasarkan lembaga pemeringkatan, mengacu pada mutu layanan pendidikan tinggi untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia dan inovasi.

Adanya perankingan universitas dunia membawa  standar layanan pendidikan berkualitas internasional hadir di banyak negara, termasuk Indonesia. Terbaru, pemeringkatan internasional QS World University Rankings Tahun 2022 yang diumumkan Rabu (9/6/2021) waktu Indonesia menempatkan tiga perguruan tinggi (PT) Indonesia  masuk dalam Top 500 World Class University (WCU) atau universitas kelas dunia.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..