logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanUpaya Deradikalisasi Bisa Dimulai dari Universitas

Upaya Deradikalisasi Bisa Dimulai dari Universitas

Kampus atau universitas merupakan salah satu tempat rawan paparan paham radikal. Sebab, di kampus, proses ideologisasi atau diskusi tentang berbagai isu bisa berkembang dengan baik. Upaya pencegahan penting dilakukan.

Oleh DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama TNI dan Polri se-Malang Raya menggelar apel kesiapsiagaan pencegahan terorisme, Kamis (18/5/2017), di Markas Brimob Ampeldento, Malang, Jawa Timur. Indonesia terus bersiaga atas berkembangnya aksi terorisme dan ideologi radikal sebab saat ini tercatat 900-an warga Indonesia berangkat ke luar negeri, diduga bergabung dengan organisasi berideologi radikal dan bertentangan dengan Pancasila.

MALANG, KOMPAS — Malang Raya memiliki rekam jejak panjang terkait isu radikalisme. Jika bukan menjadi tempat mematangkan rencana teror, bisa jadi warga Malang justru menjadi bagian dari pelaku teror tersebut. Itu sebabnya, pemerintah daerah Malang Raya menggenjot upaya deradikalisasi dari berbagai jalur.

Wali Kota Malang Sutiaji, Rabu (26/5/2021), menyatakan bahwa Pemkot Malang serius menjalankan upaya-upaya deradikalisasi. Selain menguatkan komunikasi lintas agama dalam forum kerukunan antarumat beragama, Pemkot Malang juga menggandeng forum rektor, dewan masjid Indonesia, serta lembaga kemasyarakatan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk sama-sama memberikan penguatan pemahaman antiradikalisme.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..