logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanFokuskan pada Implementasi...

Fokuskan pada Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Penjiwaan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan masih lemah. Hal itu tak hanya disebabkan landasan tak kukuh, tetapi juga penyelenggaraan pendidikan belum bisa membiasakan implementasi nilai-nilai tersebut.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/XuRvVdM3xyA9YUtBoQlojEoPUpI=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F8282b658-6fd2-4854-8dd5-5a3cacbbe33c_jpg.jpg
Kompas/Wawan H Prabowo

Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Penegak Pancasila membawa spanduk untuk mengenalkan nilai Pancasila saat hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (15/12/2019). Melalui kegiatan tersebut mereka berharap bisa mengawal penegakkan Pancasila yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, bela negara, toleransi antar sesama yang berbhineka tunggal ika.

JAKARTA, KOMPAS—Penguatan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda yang tak konsisten dan berkelanjutan mengancam pembangunan sumber daya manusia dan kebudayaan Indonesia.  Permasalahan lemahnya penjiwaan nilai-nilai Pancasila melalui dunia pendidikan bukan semata tentang landasan, tapi implementasi dalam pendidikan yang gagal menjadikan pembudayaan dan pembiasaan.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono menyampaikan hal itu dalam webinar bertajuk "Mewujudkan Sistem Pendidikan Berlandaskan Pancasila" yang digelar Vox Point Indonesia dan Asus, Selasa (1/6/2021), di Jakarta. Acara itu sekaligus memeringati Hari Lahir Pancasila 2021.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan