logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanKemampuan Mengelola Pembelajaran Menjadi Tantangan

Kemampuan Mengelola Pembelajaran Menjadi Tantangan

Teknologi tidak akan pernah menyelesaikan masalah pembelajaran di masa pandemi ini. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaranlah yang menentukan berhasil tidaknya pembelajaran di masa pandemi ini.

Oleh
Yovita Arika
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Alvi, guru kelas satu memberi tugas bagi muridnya dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui grup percakapan dari sekolah SD Negeri Grogol Utara 03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (7/9/2020). Dengan segala keterbatasan, pembelajaran jarak jauh masih menjadi pilihan utama agar anak-anak tetap mendapatkan layanan pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Pembelajaran jarak jauh dapat efektif jika difokuskan pada pembelajarannya, bukan pada metodenya, dalam jaringan atau pun luar jaringan. Karena itu, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran atau kompetensi pedagogik guru akan menentukan keberhasilan pembelajaran di masa pandemi ini.

Pembelajaran jarak jauh lebih banyak dipahami sebagai bagaimana memastikan siswa terhubung satu sama lain melalui materi pembelajaran yang direkam oleh guru dan dikirimkan melalui berbagai media. Selanjutnya, materi tersebut dibahas secara daring maupun luring.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan