logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanUniversitas Airlangga Teliti Kerangka Manusia Situs Kumitir

Universitas Airlangga Teliti Kerangka Manusia Situs Kumitir

Temuan kerangka manusia dalam ekskavasi tahap ketiga di Situs Kumitir, Mojokerto, Jawa Timur, segera diteliti untuk mengetahui keterkaitan dengan lokasi reruntuhan istana Bhre Wengker era Majapahit abad ke-13 atau ke-14.

Oleh
AMBROSIUS HARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Pekerja mengecek temuan kerangka manusia saat proses ekskavasi Situs Kumitir di Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (16/3/2021). Ekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur tersebut merupakan ekskavasi tahap ketiga. Ekskavasi dilakukan untuk mengetahui penampakan istana dari Bre Wengker yang ada masa Kerajaan Majapahit.

MOJOKERTO, KOMPAS  — Tim antropologi Universitas Airlangga, Surabaya, mengambil temuan kerangka manusia dari Situs Kumitir, Mojokerto, untuk penelitian, Selasa (16/3/2021). Hasil penelitian akan bermanfaat untuk memperkuat konteks dan narasi dari program ekskavasi Situs Kumitir oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

Menurut arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho, saat ditemui di lokasi ekskavasi, kerangka manusia ditemukan di Sektor C pada Rabu (3/3/2021). Ketika itu, tim penggalian menemukan bagian tungkai paha yang tertindih oleh lapisan batuan andesit bulat atau bolder (boulders). Pembersihan secara hati-hati dan perlu waktu cukup lama akhirnya menyingkap kerangka manusia yang utuh.

Editor:
agnespandia
Bagikan