logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPenyusunan Peta Jalan Pendidikan RI 2020-2035 Dinilai Belum Matang

Penyusunan Peta Jalan Pendidikan RI 2020-2035 Dinilai Belum Matang

Draf dokumen Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai belum memasukkan hakikat pendidikan dan prinsip keberagaman kondisi sosial anak.

Oleh Mediana
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Siswa SD Negeri Simbangdesa 01, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyimak materi pelajaran pada hari pertama pembelajaran tatap muka, Selasa (9/3/2021). Seusai penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro berakhir, Pemerintah Kabupaten Batang memutuskan untuk kembali menggelar pembelajaran tatap muka bagi sekolah-sekolah di desa yang berstatus sebagai zona hijau atau nol kasus Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Penyusunan Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 mesti berlandaskan pada hakikat pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Penghargaan terhadap keragaman sosial budaya masyarakat juga harus dikedepankan.

Ketua Riset Klaster Pendidikan dan Transformasi Sosial Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Lucia Ratih Kusumadewi, Jumat (12/3/2021), di Jakarta, mengatakan, hasil kajian kritis yang dilakukan tim menunjukkan, dokumen draf peta jalan dibuat tanpa data memadai.

Editor: Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan
Memuat data..